Cara Membuat Banner Animasi dengan Photoshop

Banner animasi dalam bentuk GIF sering digunakan pada sebuah web/blog untuk mempercantik tampilan atau untuk media promosi yang interaktif. Bagaimana cara membuat banner nimasi dengan Photoshop?

Pertimbangan menggunakan Photoshop untuk membuat animasi GIF karena software ini sudah familiar dan relatif mudah digunakan setiap orang.

Berikut langkah-langkah cara membuat banner animasi dengan Photoshop:

  1. Gambarlah di atas kertas ide-ide  untuk banner kamu. Tentukan warna dan gambar apa yang kamu ingin buat. Pilih  teks dan putuskan  bagian apa dari banner yang  ingin dijadikan animasi, seperti teks bergulir atau gambar.
  2. Buka gambar yang ingin kamu gunakan ke komputer dengan mentransfernya dari sumber digital atau dengan memindai.
  3. Buka Photoshop. Pilih “File” dan klik “New.” Pada kotak dialog yang muncul, buat ukuran dokumen apa yang kamu inginkan untuk banner kamu. Ada beberapa standar ukuran, tetapi yang paling sering digunakan adalah 468×60. Namai file “banner 1” atau apa pun yang Anda sukai dan klik “OK.”
  4. Pilih tool “Paint Bucket”  dan gunakan untuk mengisi latar belakang dengan pilihan warna kamu.
  5. Pilih “File” dan klik “Open.” Pada kotak dialog yang muncul, browse ke salah satu gambar dan membukanya. Klik kanan pada layer dan pilih “Duplicate.” Pada dialog yang muncul, pilih  dokumen “banner 1”  sebagai tujuan. Ulangi langkah ini untuk membawa semua gambar yang Anda inginkan dalam banner tersebut.
  6. Pilih  tool “Text”  dari toolbar. Pilih gaya font, ukuran dan warna dan jenis teks yang ingin Anda gunakan.
  7. Pilih “Windows” dari menu dan klik “Animation.” timeline akan muncul di bagian bawah dengan sebuah single frame. Klik pada ikon “Duplicate” di bawah timeline untuk membuat dua frame.
  8. Pilih frame pertama. Pilih layer yang berisikan hal yang Anda ingin menghidupkan-teks atau gambar-dan menggunakan “Move”  ke tempat itu di mana Anda inginkan di awal animasi. Sekarang pilih frame kedua dan memindahkan objek di mana Anda inginkan pada akhir animasi.
  9. Klik pada ikon “Tweening” di bawah timeline dan pilih jumlah frame yang ingin Anda tambahkan antara dua frame yang Anda miliki.
  10. Pilih “File” dan klik “Save for Web atau Devices.” Pada dialog yang muncul, membuat jenis file GIF dan mengatur “Duration” untuk frame. Klik “Save,” namai file Anda dan klik “Save” lagi. Anda sekarang memiliki banner animasi yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda.
Iklan

2 Tanggapan

  1. kurang lengkap pnjlsan na

  2. mungkin lebiih baik ditambah dengan gambar biar cepat dipahami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: