Manajemen Proyek Sistem Informasi

Kemampuan manager

Ada 3 kemampuan dan orientasi yang harus dimiliki seorang manager :

  1. Kemampuan mengkonsepkan (conceptual skill)
  2. Kemampuan berhubungan dengan peserta lain (human skill)
  3. Kemampuan teknik (technical skill)

Kebijakan dan perencanaan proyek sistem informasi

Perencanaan Sistem

  1. Jangka pendek ( 1 –  2 tahun )
  2. Jangka panjang ( sampai 5 tahun )
  3. Ditangani oleh staff perencanaan sistem, dept. pengembangan dan pengelolaan data

Proses Perencanaan Sistem

  1. Merencanakan proyek-proyek sistem meliputi :
  • Mengkaji tujuan, perencanaan dan taktik perusahaan.
  • Mengidentifikasi proyek-proyek sistem
  • Menetapkan sasaran proyek-proyek sistem
  • Menetapkan kendala proyek sistem mis. Biaya/waktu/dll.
  • Menentukan prioritas
  • Membuat laporan perencanaan sistem
  • Meminta persetujuan managemen
  1. Mempersiapkan proyek-proyek sistem yang akan dikembangkan meliputi :
  • Menunjuk team analis
  • Mengumumkan proyek pengembangan sistem
  1. Mendefinisikan proyek-proyek sistem yang dikembangkan meliputi :
  • Membuat study kelayakan
  • Menilai kelayakan proyek sistem
  • Membuat usulan
  • Meminta persetujuan

Perkiraan proyek sistem informasi

Untuk mencapai perkiraan biaya dan usaha yang dapat diandalkan digunakan pilihan sebagai berikut :

  1. Perkiraan waktu yang paling lama dari pengerjaan proyek tersebut
  2. Perkiraan pada proyek yang sama

Penjadwalan tugas-tugas dapat menggunakan :

  1. Grafik chart
  2. Diagram PERT
  • Mudah mengidentifikasi tingkat prioritas
  • Mudah mengindentifikasi jalur kritis
  • Mudah menentukan waktu kendur
  1. Penjadwalan proyek berbasis komputer

Proses pengembangan sistem informasi (PL) dikembangkan oleh pelaku-pelaku yang dapat dikatagorikan dalam 5 kelompok :

  1. Manajer senior, yang bertugas mendefinisikan permasalahan-permasalahan bisnis dan sangat berpengaruh pada proyek tersebut.
  2. Manajer proyek (teknik), yang merencanakan, memotivasi, mengorganisasi dan mengontrol orang-orang yang bekerja dalam proyek tersebut (praktisi).
  1. Praktisi, adalah orang yang mempunyai kemampuan teknis yang dibutuhkan untuk mendapatkan produk sistem informasi (program aplikasi).
  2. Pelanggan, adalah orang yang membutuhkan sistem informasi (PL) tersebut.
  1. Pengguna akhir, orang yang berinteraksi dengan sistem informasi (PL) yang dikaitkan dengan penggunaan produk.

Recent Posts :

Iklan

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: