Mengubah batas maksimum koneksi pada Windows XP

Sebagai pengguna komputer, mungkin pernah ada kejadian yaitu pada komputer yang menjalankan Windows XP atau Windows 2000, ketika kita mencoba untuk terhubung ke komputer Windows XP baik untuk sharing folder maupun printer, kita menerima sebuah pesan seperti berikut: “No more connections can be made to this remote computer at this time because there are already as many connections as the computer can accept“. Hal ini bisa terjadi karena jumlah koneksi dari client ke komputer tersebut sudah mencapai jumlah maksimum yaitu 10 koneksi.

Segala bentuk koneksi baik itu sharing file/ folder, printer, dll yang tidak ada aktivitasnya selama interval waktu tertentu, secara otomatis akan diputuskan oleh sistem. Defaultnya, batas waktu untuk autodisconnect ini adalah sekitar 15 menit. Ketika koneksi ini diputus, maka salah satu jalur koneksi (dari 10 jalur koneksi) dapat dipakai oleh koneksi dari komputer lain yang sebelumnya tidak bisa terhubung (lihat message diatas).

Pada umumnya kita sering merestart komputer server, agar semua jalur koneksi kembali kosong, sehingga user lain yang membutuhkan koneksi ke server dapat segera terhubung. Hal ini tentu sangat merepotkan terlebih jika komputer server (dengan sistem operasi windows xp) ini memiliki jumlah client lebih dari 10. Artinya setiap client harus secara bergantian dalam melakukan koneksi ke server ini.

Untuk mengubah batas maksimum koneksi pada windows XP ini, kita dapat menggunakan program yang bernama Intelligent TCPIP.SYS Patcher (definisi Patch bisa dibaca disini)

Cara menggunakan :

1. Download file pendukung disini

2. Extract file PatchTCPIP.zip

3. Jalankan file PatchTCPIP.exe

4. Pada bagian Do you really want to change the limit to 50? (Y=Yes / N=No / C=Change limit), ketik “Y

5. Tunggu sampai proses pengeditan berakhir

6. Restart komputer

7. Setelah login kembali, coba jalankan kembali file PatchTCPIP.exe, dan lihat pada bagian Current maximum concurrent half-open connection sudah berubah dari 10 ke 50. Artinya batas maksium koneksi ke windows XP tidak lagi hanya 10 client, tetapi menjadi 50 client.

Iklan

3 Tanggapan

  1. nice info gan

    kunjugan dan komentar balik gan

    http://diketik.wordpress.com

  2. Mengubah batas maksimum koneksi pada Windows XP
    Ternyata caranya sangat mudah sekali dan gak perlu pake software khusus :
    Masuk ke Start -> Run -> secpol.msc -> Local Policies -> Security Options -> Klik 2 kali Interactive Logon : Number of previous logons to cache -> Ubah angka 10 dengan angka yang sesuai dengan keinginan kamu seberapa banyak user yang bisa mengakses share folder dalam waktu bersamaan maksimal 50 user….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: